aromaterapi

AROMATERAPI

Banyak diantara kita yang telah mengenal istilah aromaterapi, tapi apa yang disbut dengan aromaterapi itu? sesuai dengan namanya yang terdapat kata terapi, aroma terapi berarti pengobatan dengan menggunakan aroma atau bau-bauan yang wangi. Konon wangi-wangian dipercaya membangkitkan  semangat,menimbulkan rasa nyaman, bahkan bikin adem hati yang panas.

aromaterapi dalam ilmu kedokteran disebutkan bahwa apabila indra penciuman / hidung menerima bau wangi maka akan memberikan reaksi kepada otak dengan berubahnya aliran gelombang otak. Aroma yang kalem seperti aroma lavender membuat gelombang otak lebih santai, Kadang diwaktu atau di tempat tertentu kita mencium bau apa itu, tapi mengenal bau itu, terus kita langsung teringat / terkenang suatu kejadian di masa lalu. Itu menandakan bahwa bau-bauan bisa membawa perasaan atau ingatan kita akan sesuatu

sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkan aroma atau wangi-wangian itu kedalam kehidupan kita. Pada saat tertentu maka kita membutuhkan aroma tertentu pula.

AROMATERAPI JERUK/JERUK NIPIS
Segar dan tajam, itulah aroma yang ditebarkan jeruk, aroma tersebut sangat efektif buat yang perasaannya lagi sedih, wanginya membuat perasaan jadi nyaman dan santai.

jeruk nipis

jeruk nipis

AROMA LAVENDER
Aroma lavender yang sangat lembut, memiliki efek yang sama seperti jeruk, ia memberikan rasa tenang. Tapi kelebihan aroma lavender adalah aroma bekerja langsung menuju jantung, selain memberi rasa tenang ia juga memberikan kesegaran bernafas, sehingga didapat rasa yang benar-benar menenangkan dan juga meningkatkan akan kontrol diri

lavenderlavenderlavender

lavender

AROMA YLANG-YLAN
Bunga yang harumnya seperti bunga tropis ia memberikan ketenangan dan juga membuat kita meningkatkan kreatifitas serta kemampuan dalam berkomunikasi.

ylang ylan

ylang ylan

AROMA LEMON
Lemon memiliki aroma yang tajam dan segar. Aromamnya bisa membuat mata jadi melek, pikiran jadi jernih dan konsentrasi bisa fokus. Bagi yang suka ngantuk dalam perjalanan atau bekerja, coba saja hisap aromanya dan nikmati kesegarannya. Efek yang sama juga bisa didapat pappermint yang memiliki aroma mentol.

lemon

lemon


AROMA CHAMOMILE
Aroma yang manis dan lembut membuat perasaan jadi adem. Persaan marah, jengkel, dan kesal bisa hilang.

CHAMOMILE

CHAMOMILE

Sekarang banyak ditemui produk-produk aromaterapi dipasaran. Mungkin kita akan mendapatkan aroma terpi yang sama persis. Tapi kalo dibandingkan dengan efek yang ditimbulkan dari sari tanaman yang asli (essential oil) akan memberikan manfaat yang maksimal. Apalagi kalo tanaman tersebut didapatkan dari halaman rumah sendiri. Selain untuk penghijauan, juga akan memberikan kesan indah di rumah kita, dan pasti akan memberikan kesejukan dari aroma terapi itu sendiri.


  1. Nice info.
    Makanya kok banyak parfum ruangan pakai wangi lavender ya.
    Baru tau🙂

    Mau juga tukeran link ni . . Gimana?

    Tq

  2. Red

    Gw pake white musk dari the body shop. Dia berbentuk cairan, jadi kudu make burner buat merasakan aromanya. Kalu yg berbentuk incense stick, gw make opium dan sandalwood. Yg 2 ini mantap sob!




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s